Keegoan Manusia di Hari Waisak



13055539721688566634

Sumber Galeri Seni bhagavant.com
Dalam pesannya, Sekretaris Jenderal PBB menyerukan solidaritas bersama masyarakat dan menyatakan bahwa penderitaan di seluruh dunia dapat dihindari jika menerapkan nilai-nilai universal Buddhisme. Selain itu ia juga berterima kasih atas tukungan organisasi-organisasi Buddhis yang mendukung kegiatan PBB. Berikut pesan Vesak 2555 B.E Sekretaris Jenderal PBB yang tertuang pada dokumen No. SG/SM/13546.
Berikut adalah pesan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon untuk Hari Vesak:
Sang Buddha, yang lahir, mencapai pencerahan, dan mangkat yang kita peringati setiap tahun pada Hari Vesak, mewariskan kepada umat manusia ajaran yang besar yang dapat menuntun usaha kita untuk memecahkan permasalahan berat yang dihadapi dunia saat ini.
AnjuranNya dalam menentang tiga racun yaitu keserakahan, kebencian, dan kebodohan batin adalah relevan khususnya dengan upaya multilateral untuk mengatasi kelaparan yang dapat dihindari yang mempengaruhi hampir satu miliar orang di dunia, aksi kekerasan brutal yang mengambil jutaan kehidupan setiap tahunnya, dan kerusakan lingkungan yang tidak berperasaan yang disebabkan oleh manusia terhadap satu-satunya rumah kita, planet Bumi ini.
Pesan Waisak tahun ini,
Kedamaian adalah pikiran, ucapan, dan perilaku orang yang sepenuhnya tenang dan tercerahkan oleh pengetahuan Kebenaran. (Dhammapada 96).
sumber: disini
tulisan ini mengingatkan bahwa kita selaku Warga Negara Indonesia yang terdiri atas berbagai suku yang mendiami pulau-pulau yang begitu indah dengan segala kekayaan alam dan keunikan masing-masing budaya sepatutnya memberikan apresiasi dan melakukan tindakan nyata kepada sesama dan alam atas usaha para pemerhati/pejuang keberlangsungan keseimbangan kehidupan Alam dan Manusia, sehingga anak cucu kita akan mengatakan, itu berkat para orangtua, kakek/nenek, kakek moyang/nenek moyang yang telah mempersiapkannya demi kita.
Selamat Berhari Raya Waisak 2555 B.E/2011 kepada para pemeluk ajaran Buddha. Sang Pencipta Memberkati Kita.
SMP.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar